Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pada halaman ini terdapat beberapa pertanyaan yang pernah diajukan.

Bagaimana cara masuk elektro/ITB ?

Untuk masuk ke ITB (termasuk masuk ke Elektro/STEI) adalah melalui Ujian Saringan Masuk ITB. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di http://usm.itb.ac.id/

Berapa biaya pendidikan di ITB?

Biaya pendidikan S1 di ITB dapat dilihat di tautan berikut:

Bagaimana proses permohonan beasiswa ITB?

Informasi tentang beasiswa pendidikan di ITB bagi mahasiswa baru dapat dibaca di tempat yang sama dengan biaya pendidikan S1 (di atas).

Apakah program studi teknik elektro ITB mengadakan program D4 atau S1 ekstensi bagi mahasiswa lulusan dari politeknik negeri?

Jawab: Teknik Elektro ITB tidak mengadakan program S1 extension maupun D4 dari perorangan. Yang ada adalah program pendidikan pesanan dari DIKNAS ke ITB.

Apakah program studi teknik elektro ITB mempunyai proses seleksi bagi mahasiswa yang ingin pindah dari perguruan tinggi lain?

Jawab: Ya, tetapi hanya untuk mahasiswa dari perguruan tinggi mitra ITB. ITB tidak menerima calon mahasiswa yang mengajukan lamaran secara pribadi atau diajukan oleh lembaga yang bukan merupakan perguruan tinggi mitra ITB. Program studi yang dituju di ITB harus sama dengan program studi asal calon mahasiswa tersebut di universitas asalnya. Perguruan tinggi mitra ITB saat ini adalah Universitas Al-Azhar (Jakarta) dan Universitas Dian Nuswantoro (Semarang).

Apa saja syarat untuk masuk itb melalui jalur undangan? dan sekolah apa saja yang bisa masuk melalui jalur undangan?

Jawab: Syarat pendaftaran dapat dibaca di http://snmptn.ac.id/

Apakah ada program D3 di ITB?

Jawab: ITB tidak menyelenggarakan pendidikan D3. Jika ingin D3, silakan ke Polban (http://www.polban.ac.id/) atau Polman Bandung (http://www.polman-bandung.ac.id)

Bagaimana cara untuk melanjutkan S2 Teknik Elektro ITB?

Jawab: Persyaratan pendaftaran S2 dan S3 di ITB dapat dibaca di http://www.sps.itb.ac.id/

Jika ingin ikut di bidang robotik, harus masuk teknik apa?

Matakuliah Robotika adalah salah satu matakuliah tak-wajib di Prodi S1 Teknik Elektro. Namun demikian, mahasiswa ITB (selain Teknik Elektro) yang lain dapat saja mengambil matakuliah ini asalkan mahasiswa tersebut telah lulus semua matakuliah yang menajdi prasayarat MK Robotika. ITB juga memiliki Advanced Robotics Laboratory yang ditempatkan di STEI dan seluruh sivitas akademik ITB dapat berkontribusi di dalamnya. Selain itu, di ITB juga terdapat unit kegiatan mahasiswa Robotika yang keanggotaannya adalah mahasiswa berbagai prodi di ITB.

Bagaimana caranya jika ingin mutasi ke program sarjana teknik elektro ITB pada pertengahan masa studi?

Jawab: Tidak ada jalur transfer. Jalur ini hanya ada untuk institusi yg mempunyai MOU dgn Prodi Elektro. Sementara ini hanya TNI-AU, Al-Azhar dan UDINUS dengan tes masuk.